Sabtu, 10 Maret 2012




ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN
UNTUK MENGHILANGKAN KEJENUHAN DALAM BELAJAR

         
Oleh : Dra. LILIK FIRDAYATI *)

Pada umumnya saat guru mengajar di ruang kelas sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menyampaikan materi pelajaran tanpa memperhatikan bagaimana kondisi dankemampuan daya tangkap atau memori para siswanya.

MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK YANG EFEKTIF
 
                                                                                                Oleh : Lilik Firdayati
                                                                                                Guru SMP Negeri 3 Mertro

Belajar merupakan kegiatan aktif siswa dengan membangun pemahaman sebuah konsep yang sedang dipelajari. Belajar yang dilakukan di kelas guru sebagai fasilitator, motivator dan bertanggung jawab untuk menciptakan situasi pembelajaran lebih bermakna. Dalam suatu kelas memiliki siswa-siswa yang berbeda satu sama lain yaitu perbedaan minat, kemampuan, kesenangan, pengalaman dan cara belajarnya. Ada siswa mudah belajar dengan banyak baca, dengan melihat, dengan mendengar, atau dengan cara kinestetika (gerak). Dalam pembelajaran guru harus menempatkan siswa sebagai subyek belajar artinya guru harus memperhatikan bakat, minat, kemampuan, cara belajar, motivasi belajar dan latar belakang sosial siswa.

Jumat, 09 Maret 2012


Cara Cerdas Belajar Matematika

                                                                         Oleh : Dra. LILIK FIRDAYATI *)
Kita sering mendengar bahwa matematika kerap kali menjadi momok menakutkan bagi siswa. bahkan ada yang mendengar namanya saja di otaknya telah tergambar seuatu yang menyeramkan dan menakutkan. hal ini sudah menjadi persepsi umum bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. hal ini berkembang dari pengalaman belajar berbagai orang yang mengalami kesulitan belajar matematika kemudian merekatularkan pengalaman tersebut kepada yang lainnya bahkan kepada anak turun mereka. sehingga anak-anak mereka akan memandang matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan.