Jumat, 09 Maret 2012


Cara Cerdas Belajar Matematika

                                                                         Oleh : Dra. LILIK FIRDAYATI *)
Kita sering mendengar bahwa matematika kerap kali menjadi momok menakutkan bagi siswa. bahkan ada yang mendengar namanya saja di otaknya telah tergambar seuatu yang menyeramkan dan menakutkan. hal ini sudah menjadi persepsi umum bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. hal ini berkembang dari pengalaman belajar berbagai orang yang mengalami kesulitan belajar matematika kemudian merekatularkan pengalaman tersebut kepada yang lainnya bahkan kepada anak turun mereka. sehingga anak-anak mereka akan memandang matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan.

Sebenarnya tidak semua orang dituntut untuk menjadi ahli matematika. terus kenapa matematika disampaikan di semua sekolah dasar dan menengah? asal kita tahu saja, sebenarnya matematika yang kita pelajari di bangku sekolah dasar dan menengah tersebut hanyalah sebagian kecil dari materi matematika dan itupun masih rendah levelnya, jadi asal kita sungguh-sungguh mempelajarinya sudah tentu hampir semua orang sanggup mempelajarinya (tidak perlu memiliki otak yang jenius,  kembali lagi ke alasan mengapa kita harus mempelajari matematika? secara umum adalah membantu siswa  dalam mempersiapkan diri terhadap perubahan lingkungan kehidupan dan dunia yang senantiasa berkembang melalui cara bertindak dengan pemikiran yang sistematis, logis, rasional dan kritis serta kreatif.

jika kita sudah memahami tujuan pembelajaran matematika ini dengan sendirinya kita akan berpikiran positif terhadap pelajaran ini dan dengan sendirinya akan berdampak pada nilai yang memuaskan atau minimal dapat mencapai nilai ketuntasan. dan sebaliknya jika kita tidak memahaminya dan menganggap matematika sebagai pelajaran yang hanya maepersulit dan menghambat kita maka ujung-ujungnya kita menjadi membenci pelajaran ini dan nilai kita menjadi jeblok
kemudian, bagaimana sih belajar matematika? ada beberapa strategi belajar matematika yang harus kita perhatikan  :

 1.   Matematika tidak bisa kita pahami tanpa mempratekkan mengerjakan soal-soalnya  jadi agar kita dapat mempelajari matematika dengan baik kita harus terlibat aktif dalam pelajaran ini. mulai dari mendengarkan penjelasan guru, membuat catatan yang baik, mengerjakan tugas dan PR, memperbanyak latihan soal sendiri yang kita lakukan secara rutin dan teratur.

2.  Matematika tidak sekedar menghafal rumus namun memahaminya kita harus tahu dan paham kapan suatu rumus matematika dapat digunakan. kadang-kadang ada berbagai kombinasi rumus yang berbeda unutk menyelesaikan soal-soal dalam materi yang sama. jadi kita harus tahu prinsip-prinsip dan cara kerja tiap-tiap rumus. hal ini akan meningkat dengan sendirinya seiring dengan keseringan kita dalam mengerjakan soal2 dengan berbagai tipe.

 3.  Matematika adalah akumulasi soal-soal yang  seringkali merupakan gabungan dari beberapa materi dalam bab yang berbeda. sehingga seringkali kita memahami bab-bab tertentu namun tidak dapat mengerjakan sebagian besar atau kecil soal-soalnya karena berkaitan dengan bab-bab sebelumnya yang tidak kita fahami dengan baik.


Jadi materi matematika sudah disusun dalam tahapan-tahapan penyampaian sehingga seringnya materi yang baru berlandaskan materi-materi sebelumnya. sehingga bila kita tertinggal satu materi saja efeknya akan berimbas pada materi-materi yang lainnya, untuk itu bagi kalian yang merasa ketinggalan materi jangan kalian tunda-tunda segeralah mencari bantuan sebelum ujian kian mendekat.
 Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian lakukan  :

1.    Bertanya di Kelas
dengan cara ini kita dapat memperoleh keuntungan ganda, yakni selain mendapat penjelasan bagian materi yang kurang kita fahami kita juga terlibat aktik di kelas sehingga nilai keaktifan kita tinggi.

2.   Mendatangi guru di luar Pelajaran
Biasanya guru akan senang bila ada siswa yang meminta bantuan dalam kesulitan pelajaran    kepadanya.

  3.  Tanya Teman
 jangan merasa takut atau malu bertanya kepada teman yang lebih tahu tentang materi pelajaran yang belum kita fahami. dengan bahasa santai sering kali kita menjadi lebih faham penjelasan yang disampaikan teman kita.

4.    Mengikuti Pelajaran Tambahan yang ada di Sekolah
ada beberapa sekolah yang mengadakan pelajaran tambahan yang dikhususkan bagi mereka yang masih kurang faham terhadap materi yang disampaikan ketika pelajaran di sekolah.

5.    Membentuk belajar kelompok
Bagi sebagian siswa ada yang merasa lebih nyaman dengan belajar kelompok bersama teman-temannya daripada belajar sendiri. karena dengan belajar kelompok kita menjadi mengenal berbagai cara dan metode yang digunakan oleh teman-teman kita dalam menyelesaikan soal.

 6.   Cari Guru Privat
 cara ini bisa kita lakukan saat berbagai macam cara di atas terasa belum mencukupi. hanya saja, kita harus sejumlah uang untuk hal ini.

7.    Mengikuti berbagai Media Belajar OnLine
bagi yang mempunyai fasilitas ke dunia maya dapat mencari berbagai situs-situs yang membahas materi sekolah.
 Sumber : Buku “Strategi Sukses Menguasai Matematika” oleh H.J. Sriyanto

Berikut ini ada beberapa kiat menarik dalam belajar Matematika yang enjoyable, sekaligus tips untuk menjadi jago dalam pelajaran Matematika.

1.    Sediakan segala kebutuhan, yang Anda gunakan sebagai sarana belajar matematika!.
Matematika hampir mirip dengan pelajaran ketrampilan. Semakin sering anda berlatih menjawab soal, semakin terampil pula tangan anda merespon semua variasi soal Matematika yang ada. Artinya anda harus selalu menyediakan pensil/pulpen dan kertas buram disaat belajar Matematika. Manfaatkan kertas sisa fotocopian yang sudah tidak terpakai lagi, gunakan untuk corat-coret perhitungannya. Jangan lupa, awali belajar anda dengan berdo’a minta dibukakan hati dan pikiran, ikhlas mencari ilmu hanya karena Allah semata. Bagi yang kecanduan musik, bisa menambah rileksnya otak, dengan belajar sambil mendengarkan alunan musik yang merdu. Namun bagi susah berkonsentrasi dengan kebisingan, jangan sekali-kali mencobanya. Bila menemukan kebuntuan dalam menjawab soal, cobalah keluar ruangan untuk mencari hal-hal refresh diluar. Lalu coba kerjakan sekali lagi !

2.    Pastikan anda mengetahui konsep matematika yang sedang anda pelajari !
Setiap materi pada pelajaran Matematika, pastilah mengandung satu konsep yang akan dipelajari, yang terkadang bertaut dengan materi sebelumnya. Jika Anda tidak menguasai konsep dasar dari matematika tersebut , maka Anda hanya akan mempelajari matematika dengan hafalan saja. Padahal, matematika yang di hafal itu tidaklah ada artinya, karena anda akan menemui banyak kesulitan jika menemukan model-model soal yang sudah bervariasi. Konsep adalah ide dasar/pengertian pokok tentang suatu materi. Anda dapat bertanya tentang konsep dasar matematika tersebut pada guru atau teman-teman anda yang lebih mahir, sehingga anda akan mudah memahami soal-soal yang rumit dengan modal mengetahui konsep dasarnya.

3.    Berusahalah untuk selalu mengerjakan tugas rumah (PR) yang diberikan oleh guru anda!.
Matematika adalah sebuah obyek hierarki, yang semua materinya dibangun dari apa yang telah dipelajari sebelumnya. Sebagai contoh, kegagalan dalam mengetahui konsep perhitungan integral dikelas XII biasanya disebabkan karena sang anak tidak menguasai masalah differensial pada waktu masih kelas XI, dan bila dirunut terus, hal ini disebabkan karena lemahnya pemahaman konsep tentang definisi fungsi dikelas X, dan seterusnya. Maka biasakanlah anda untuk memulai belajar dengan mengerjakan tugas dari guru, dengan membuka buku atau mengulang pelajaran dan contoh-contoh yang telah diberikan pada materi sebelumnya. Jika kurang jelas, tanyakan pada teman yang lebih mahir sampai anda benar-benar bisa mengerti tugas tersebut. Lebih bagus lagi, anda mempunyai kelompok belajar sendiri dengan tutor sebaya, untuk berdiskusi/sharing tentang materi-materi yang diberikan guru. Dengan mengerjakan tugas-tugas matematika, anda akan mempertajam ilmu yang didapat dari sekolah untuk diasah lagi di rumah dan akan lebih siap plus PD (Percaya Diri) menyambut pelajaran esok hari. Dan bila terpaksa absen/tidak masuk kelas, segeralah untuk menambal materi yang tertinggal, agar mata rantai hierarki Matematika tidak sampai terputus.

4.    Berusahalah untuk mengerjakan model-model soal yang bervariasi !.
Jika guru anda hanya memberikan soal model tertentu saja, maka Anda jangan terlalu cepat puas bisa mengerjakannya, anda harus mencari contoh soal variasi yang lain. Ingat, semakin Anda banyak berlatih maka semakin cepat anda membentuk kemampuan dan kepercayaan pada diri anda. Rumus praktis/trick dapat Anda tanyakan pada guru Anda, agar dapat melatih respon yang cepat terhadap berbagai jenis soal. Dan jangan lupa untuk berlatih menyelesaikan masalah soal cerita.

5.    Jadikanlah matematika sebagai bagian dalam hidup Anda !.
Matematika akan lebih berarti dan menjadi bagian dalam hidup anda, ketika Anda dapat melihat bagaimana pentingnya matematika dalam kehidupan ini, dan dapat melihat kemanfaatannya disana-sini. Hal ini bisa diawali dengan melihat teman sejawat anda yang lebih smart dalam pelajaran Matematika, biasanya dia juga smart pada pelajaran yang lain, lebih dari itu biasanya dia juga mempunyai respon yang aktif, logis, dan sistematis terhadap berbagai masalah yang ada di sekitarnya. Buktikan, andapun bisa melakukannya !


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                *) Guru SMP N 3 Metro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar